Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

Cara dan Teknik Kasting Ikan Gabus (Striped Snake-Head)

Memancing ikan gabus dengan teknik kasting ternyata menyenangkan dan menegangkan. Ikan gabus sangat atraktif dalam menyambar umpan kasting, sifat predator yang dimilikinya membuat ikan ini dapat dikasting dengan berbagai macam umpan. Ada beberapa jenis umpan yang dapat digunakan untuk memancing ikan gabus di perairan umum seperti kolam, rawa dan sungai diantaranya :

1. Poper
Poper ukuran 5 - 7 cm cukup efektif untuk menarik perhatian gabus karena menganggap poper adalah ikan yang mengganggu daerah teritorinya dan akan menyerang anak-anaknya. Poper merupakan umpan efektif di area perairan terbuka yang memiliki banyak kayu tumbang di dalam air yang menjadi sarang ikan gabus dan juga berair dangkal. Poper dapat berbentuk ikan atau serangga.

2. Pensil
Pensil merupakan umpan yang bergerak seperti ikan yang sedang terluka dan berenang dengan zig-zag diatas air. Gunakan umpan yang berukuran antara 5 - 7 cm untuk memancing kasting. Umpan ini efektif digunakan di perairan yang memiliki banyak batang pohon dan berair dangkal.

3. Torpedo
Torpedo merupakan umpan yang sifatnya mengganggu ketenangan ikan karena umpan ini membuat keributan di atas permukaan air dengan kipas yang ada di belakang umpan.

4. Katak Sintesis dai Karet
Ini merupakan salah satu umpan terbaik untuk menaklukan gabus. Dipasaran terdapat dua jenis yaitu katak sintesis dari karet lembut yang sangat mirip katak, sedangkan katak karet yang memiliki rongga udara sehingga dapat mengapung diatas air.

5. Minnow
Minnow dapat digunakan jika lokasi cukup baik memiliki sedikit hambatan berupa tanaman air dan batang pohon. Gunakanlah umpan dengan dive antara 0,5 - 1 m untuk mengurangi resiko umpan menyangkut. Penggunaan tipe floating akan lebih baik karena akan lebih aman jika umpan tersangkut ringan.

4 komentar:

  1. aku sering mancing tapi jarang sekali dapat ikan gabus, unpan yang di uraikan di atas sudah ak coba smua, tapi 0 besar hasilnya.adakah yang lebih ampuh lagiiiiiiiii

    BalasHapus
  2. kemungkinan lokasi tidak terdapat ikan gabus. Cuaca gerimis atao setelah hujan biasanya lumayan bagus untuk casting gabus. Biasanya di pinggiran, anakan gabus/kocolan mencari makan. Babon biasanya g jauh tuh...pinggiran danau,sungai atau rawa yg banyak tanaman jdi lokasi yg pas...

    BalasHapus
  3. kalo menurut pengalaman saya mancing gabus 'g usah repot-repot umpan nya. cukup cacing tanah dan jangkrik. itu pun 'g di casting juga dapat ikannya. kalo mau mancing indukan nya, umpan anak kodok aja. cara mancing nya kalo saya pakai pelampung, umpannya kira-kira 10 cm dari dasar. kalo untuk indukan lebih cocok di casting. karena gabus bersifat predator. waktu untuk mancing gabus lebih cocok sore dan malam. tempat bersemayamnya gabus biasanya ada di dekat rumput-rumput di air.

    BalasHapus
  4. Saya sedang belajar casting gabus.
    Peralatan yang gunakan adalah bukan peralatan untuk casting..hehe, sebab saya masih mencoba belajar casting gabus dengan peralatan yang saya punya, kalo sekiranya hasil casting saya Ok rencananya baru mau di anggarkan buat beli Joran dan Reel casting.

    Oh..ya perkenalkan saya tinggal di depok-beji..kebetulan di dekat lokasi rumah saya ada penampungan air/rawa, dan banyak Gabus, Patin, Mas, DLL.

    Kebetulan saya sudah bosan menarik yg lain jadi saya mencoba casting Gabus. dengan peralatan yg akan membuat tertawa..hehehe

    saya menggunakan :
    Reel Ryobi Aplause 6000
    Joran Abu Garcia (buat laut)
    Line Rapala Ukuran 50Lbs
    Minow Frogy ukuran 5cm

    dengan peralatan di atas hanya kondisi prima dan kesabaranlah yg bisa membuat saya bertahan casting dengan menahan beban berat peralatan yg saya punya. (biasanya pulang langsung minta di pijit)..hehehe

    Catatan lokasi
    Rawa air dalam kisaran 2 s/d 3 meter

    1. Hari pertama
    Casting Kondisi Panas tanpa hujan dengan beberapa ratus kali lemparan, hasil nihil, malah Minow nyangkut 2 buah.

    2. Hari Kedua
    Casting Kondisi Air banjir/habis hujan
    Ratusan x lempar dengan bobot peralatan yg berat. ada hasilnya.. umpan di sergap tetapi lepas kembali karena Kail frogynya masih belum tersangkut di Gabus.
    3. Hari Ketiga
    Kondisi Hujan/Banjir.. Ratusan x lempar lagi.. ada hasilnya lagi.. umpan juga di sergap tetapi Gabus lepas lagi blm terangkat...

    4. Hari keempat
    Kondisi banjir.. ratusan x lempar, dan umpan di sergap tetapi lepas kemabali dan ada yg menarik ikannya lompat pada saat saya menggentak lihat kepalanya saya sampe mau copot jantung, ikan perkiraan 4 kiloan ke atas. (gagal maning)

    untuk hari kelimanya saya masih menunggu hujan biar banjir, sebab bila banjir saya perhatikan banyak gabus yg di permukaan, kebetulan minow saya Floating.

    sampai tulisan ini saya buat saya masih berusaha belajar casting walau belum ada Gabus yg terangkat.


    mancingitumenjadikankitabanyakteman,danmenjadikankitadimarahibini..:)

    CumansharingKK,





    BalasHapus