Laman

Rabu, 04 April 2012

Teknik Memancing Ikan Bawal



Memancing ikan ini mempunyai keasyikan tersendiri karena ikan bawal terkenal akan gerakannya yang gesit dan predator ikan air tawar. Tak heran banyak dipakai untuk mincing kolam terutama galatama bawal. Bagi pemula memancing ikan ini tentu akan menemui kesulitan untuk memancingnya, karena ada trik tersendiri untuk memancing ikan bawal, terletak pada piranti yang digunakan.

Sebenarnya, piranti memancing ikan bawal seperti joran dan ril sama dengan yang digunakan untuk memancing ikan mas. Hanya perbedaannya terletak pada mata kail dan teknik. Mata kail yang dipakai berukuran 6 sampai 8, kalau memancing ikan mas memakai pelampung maka memancing ikan bawal justru memakai teknik glosor. Selain dengan teknik glosor, memancing ikan bawal juga bisa dilakukan dengan teknik kasting. Karakter ikan bawal yang menarik dan cocok di air dengan berbagai warna serta mudah dipancing dengan umpan apa saja menjadi ciri khas ikan bawal. Begitu pula dengan umpannya yang sangat mudah, cukup memakai umpan jangkrik atau sejenisnya ikan ini akan menyantapnya.

Untuk memancing ikan bawal di kolam galatama ada peraturan yang harus dipatuhi karena biasanya ada beberapa umpan yang tidak diperbolehkan karena dapat mempengaruhi air maupun ikan. Untuk umpan pellet biasanya dipakai untuk campuran ongol-ongol. Artinya pellet tidak bisa digunakan untuk ngebom atau bemper.
Beberapa hal diatas itulah yang biasanya digunakan pemancing di kolam ikan bawal, umpan yang mudah dan teknik yang sederhana membawa keasyikan bagi pemancingnya. Tidak perlu repot-repot seperti ikan lainnya yang membutuhkan beragam umpan dan campuran lainnya. Semoga trik ini dapat bermanfaat dan berguna, SALAM STRIKE !!