Laman

Jumat, 30 Maret 2012

Jigging ( Seni Olahraga Memancing )

Jigging sendiri sebenarnya berasal dari kata jig yang beraati melompat-lompat, sehingga cara memancingnya di kalangan mania disebut teknik jigging. Umpan jig terbuat dari bahan metal timah.

Cara penggunaan teknik jigging sangat sederhana, umpan buatan yang berbahan lempengan metal timah yang beraneka ragam bentuk desain dan warna dimasukkan ke dalam air yang kemudian dihentak-hentakan untuk memberikan stimulasi pada ikan.

Untuk persiapan memancing jigging   
1. Joran/stick, untuk joran harus dipersiapkan joran khusus mancing jigging. Memilih joran yang ringan dengan nilai kelenturan medium action, serta panjang joran berkisar 6' - 7'.

2. Ril/reel, untuk ril minimal rasio gulungan 6 : 1, diatas rasio tersebut lebih baik. Karena semakin besar rasio gulungan maka semakin cepat pula kecepatan menggulungnya (speed retrieve). 

3. Umpan jig, secara garis besar apabila dasar laut cukup dalam dan arus kencang sebaiknya pergunakanlah umpan jig yang berbobot besar diatas 200 gram dan sebaliknya jika dasar laut tidak terlalu dalam dan arus sedang maka gunakanlah umpan jig yang berbobot 100-200 gram.

4. Senar, untu senar gunakanlah senar berbahan braided yang berukuran 20-30 lbs. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan jika memakai senar braided yaitu cincin pada batang joran sebaiknya yang terbuat dari bahan keramik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar