Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

Tanda-tanda Alam Memancing di Laut

Laut Indonesia memiliki potensi besar untuk memancing melalui tanda-tanda keadaan dan kondisi alam yang bisa dijadikan patokan untuk memancing. Berikut adalah tanda-tanda alam yang dapat dijadikan acuan saat memancing terutama dilaut.

Burung Laut
Banyaknya burung laut yang berterbangan di salah satu spot merupakan salah satu tanda alam yang bisa dijadikan panduan untuk mengindikasikan bahwa spot tersebut terdapat ikan-ikan mangsa burung laut. Hukum alam rantai makanan pun terdapat disini, ikan-ikan kecil mangsa tersebut diyakini juga terdapat ikan berukuran sedang ataupun besar.

Sampah Kayu
Ciri lain dari spot yaitu adanya sampah kayu yang berada di tengah laut. Batang pohon yang terbawa arus diyakini membawa plankton-plankton kecil yang merupakan makanan bagi ikan-ikan kecil, kumpulan ikan kecil tersebut mengundang perhatian ikan besar untuk memburu ikan kecil makanannya.

Karang
Keberadaan karang juga bisa dijadikan tanda alam. Karang pada umumnya dijadikan rumah bagi ikan-ikan kecil yang biasanya juga mencari makan di daerah sekitar karang tersebut. Mancing di karang memang menjanjikan tapi bagaimana mengetahui bahwa di dalam laut terdapat karang dangkal atau karang dalam.... Sebelumnya adanya alat elektronik GPS para nelayan hanya melihat ombak yang di permukaan laut dan kemudian menurunkan pemberat timah ke dasar laut. Cara ini disebut ngelot.

Tubiran Laut
Tubiran Laut/Drop off ini merupakan kontur dasar laut yang memiliki kedalaman yang dalam secara tiba-tiba seperti jurang, di lokasi seperti inilah yang banyak dijadikan spot. Banyaknya ikan di lokasi ini disebabkan arus laut yang membawa plankton naik ke atas sehingga mengundang ikan kecil dan menarik perhatian ikan-ikan sedang maupun besar.

Gunung Laut
Seperti daratan, struktur dasar laut juga ada yang menyerupai gunung, umumnya disebut sea mount reef atau karang gunung laut. Arus laut yang tertahan oleh gunung laut membuat arus naik yang membawa planktonyang melimpah dan dijadikan santapan ikan. Gunung laut juga menyuburkan karang laut yang menjadi rumah bagi ikan. Bahkan ikan yang terdapat di gunung laut lebih bervariasi karena terdapat banyak jenis ikan dasar maupun ikan pelagis. Jadi memancing di gunung laut lebih menjanjikan daripada memancing di spot yang lain. Cara untuk melihat struktur ini dapat dilakukan dengan menggunakan depth sounder dan GPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar