Laman

Selasa, 03 April 2012

Piranti Memancing Ikan Baronang


Memancing baronang lebih terasa sensasi dan strike-nya dengan menggunakan joran tegeg. Memancing baronang harus memiliki insting yang tajam dan respon yang cepat. Oleh karena itu, harus dipersiapkan pula piranti mincing yang sesuai agar hasil yang didapat memuaskan.

Piranti yang dipersiapkan untuk memancing baronang :

Joran/Tegeg
Joran yang dipilih saat mincing baronang adalah joran tegeg, sebuah joran panjang tanpa line guide. Pemilihan ini joran tegeg ini dimaksudkan agar sensasi mincing baronang lebih terasa. Fight dengan ikandalam keterbatasan panjang senar memicu adrenalin meningkat. Joran tegeg yang cocok adalah yang karakternya fast action. Kekuatannya medium-hard dengan panjang paling ideal adalah 4 – 5,4 meter. Selain joran tegeg bisa juga menggunakan joran biasa atau juga handline, biasanya untuk mincing dengan kedalaman air di atas 7 meter, seperti di bagan, dermaga dan di atas perahu.

Senar/Kenur
Ukuran senar yang dipakai menyesuaikan dengan target yang akan ditangkap, jika suatu tempat berpotensi banyak baronang besar gunakan line ukuran lebih besar, untuk umumnya menggunakan line 0,40 mm pun masih bisa dan mau, penggunaan panjang senar pada joran tergantung kedalaman air di lokasi mancing, bisa ½ joran, 2/3 joran atau ¾ joran.

Pancing Garong dan Engkel
Pada umumnya pemancing baronang menggunakan pancing garong buatan sendiri karena bisa memilih jenis, merk dan size. Kekuatan bahan mata kail, bisa menggunakan mata kail biasa atau carbon atau yang sudah jadi bisa dibeli di took pancing.

Pelampung
Pelampung digunakan untuk mengetahui apakah umpan sedang dimakan ikan atau tidak, jka bergetar biasanya sedang dimakan, kadang juga tidak bergetar hanya berputar. Kemampuan untuk membedakan getaran pelampung ini membutuhkan ketrampilan tersendiri, perlu berlatih. Namun jika tidak yakin apakah umpan dimakan ikan atau belum, tidak ada salahnya langsung dihentak saja.

Umpan
Umpan yang digunakan untuk memancing baronang umumnya lumut hijau, atau rumput laut hijau, ada juga yang menggunakan jeroan/hati ikan laut yang dipotong kecil-kecil. Umpan lumut hijau biasanya dipergunakan saat menggunakan mata pancing garong, umpan hati ikan saat menggunakan pancing engkel (satu mata pancing). Sedangkan umpan lainnya yang dapat digunakan adalah lumut merah, udang kupas, cumi iris, nasi lumat bahkan sampai bakwan, mendoan dsb. Demikianlah piranti yang disiapkan, selamat mencoba dan SALAM STRIKE !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar