Laman

Senin, 02 April 2012

Teknik dan Cara Memancing Cumi-cumi


Memancing cumi memiliki sensasi tersendiri saat sedang strike dan fight, bahkan tak jarang bagi para pemancing yang awalnya hanya iseng untuk mancing cumi menjadi ketagihan karena asyiknya fight dengan cumi buruan. Berikut ini saya akan berbagi tips dan trik mengenai mincing cumi.

Teknik mancing yang digunakan untuk menangkap cumi-cumi :
1.       Cumi dipancing dengan umpan buatan (squid jig)
2.       Cumi dipancing dengan tusukan cumi

Umpan buatan atau udang-udangan sering terlihat seperti udang. Kadang-kadang terlihat seperti ikan kecil, tusukan cumi sebaliknya agak berbeda. Badan buatan yang seperti udang digantikan dengan sebuah besi/metal panjang sederhana. Ikan mati/hidup ditusukkan masuk ke dalam dan dikunci dengan kawat atau senar pancing. Tusukan cumi pada umumnya digunakan secara pasif di bawah sebuah pelampung. Udang-udangan biasanya dilempar dan digulung menggunakan sebuah joran pancing. Mancing cumi menggunakan umpan udang-udangan merupakan cara yang paling menyenangkan untuk menangkap cumi. Juga lebih praktis karena tidak membutuhkan umpan yang berbau amis ikan.

Cara memilih umpan udang-udangan/squid jig
Banyak pilihan warna untuk umpan squid jig yang digunakan, tergantung situasi dan kondisi cuaca serta lokasi tempat mancing. Untuk umpan, warna yang menjadi primadona adalah yang berwarna orange, sedangkan untuk warna biru dan hijau adalah warna terbaik yang digunakan saat musim dingin atau saat langit berawan atau hujan dan warna pink dan orange terbaik digunakan pada saat musim panas. Beberapa udang-udangan ini memiliki mata pancing ekstra di tengah badannya (berduri). Dan duri ini kelihatannya dapat berfungsi dengan baik. Menurut salah satu pabrikan udang-udangan ini bahwa duri ini hanya akan menakuti cimu yang tenang dan menghasilkan tingkat penangkapan yang berkurang. Selamat berburu cumi dan SALAM STRIKE !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar