Laman

Kamis, 09 Juni 2011

Jenis dan Ukuran Mata Kail Pancing

Dalam memancing ada banyak alat dan bagian yang harus diketahui, salah satunya yaitu MATA KAIL. Mata kail ini adalah kunci utama bagi pemancing di laut maupun di kolam. Ini berfungsi sebagai tempat mengaitkan umpan agar dimakan ikan, dan ini adalah alat yang paling berguna di kalangan pemancing.
Dari masa ke masa mata kail ini berkembang dan modern termasuk bagian-bagian lain dari piranti/alat pancing. Saat ini mata kail dibuat dari berbagai macam logam keras seperti besi, baja, atau campuran bahan logam lainnya. Menggunakan mata kail ini tentunya tidak asal pakai saja. Ada ukuran-ukuran yang harus disesuaikan dengan kondisi senar atau ikan yang hendak dipancing.
Ada banyak ukuran dan tipe dari mata kail, ada tipe sneak, limerick, aberdeen dan lain-lain. Tipe mata kail ini disesuaikan dengan yang akan digunakan untuk memancing. Sedangkan untuk ukuran mata kail itu sendiri tentunya juga disesuaikan dengan keinginan mania mancing. banyak sekali ukuran dari satu (1) sampai dengan tiga belas (13) merupakan ukuran mata kail yang sering digunakan oleh para mania mancing. Ada lagi ukuran mata kail seperti 1/0 sampai 6/0, semuanya ini disesuaikan dengan kondisi alam, ikan yang akan ditangkap dan umpan yang akan dipakai. Untuk ikan yang besar tidak mungkin memakai mata kail yang berukuran kecil dan untuk umapan lumut pasti juga akan berbeda jika para mania memakai umpan cacing atau pelet. Kesemuanya itu disesuaikan dengan kondisi dan situasinya...terima kasih. SALAM STRIKE!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar