Laman

Senin, 13 Juni 2011

Mencari SPOT di Setu ???

Setu adalah danau kecil, bisa juga disebut waduk, rawa atau danau itu sendiri. Dan dalam artian suatu kolam besar tetapi teduh karena pepohonan rindang di tepiannya. Lingkungan sekitarnya masih tampak alamiah dengan airnya yang jernih dan memberikan hawa sejuk, rasa temtram dan nyaman serta membuat betah untuk berlama-lama memancing ikan. Tetapi ada banyak pertanyaan, bagaimana mengetahui spot ikan itu berada. Berikut saya uraikan sedikit keberadaan ikan di setu/danau/rawa :
1. Rerumputan Semak
Lokasi yang digemari ikan predator seperti lele, gabus, hampala dan lainnya. Bagi pemancing yang gemar casting dengan menggunakan umpan buatan atau lure lokasi ini sangat cocok.
2. Rumput Pendek
Lokasi ini biasanya terdapat lubang yang merupakan lokasi ikan kecil berada, di lokasi ini pertumbuhan ikan kecil banyak ditemui.
3. Tumpukan Ranting
Dalam tumpukan ranting yang mengambang di tengah setu atau danau merupakan lokasi yang digemari ikan mas dan ikan predator.
4. Perbatasan Air
Di setu atau danau biasanya ada lokasi yang menjadi perbatasan air dangkal dengan air dalam, di sepanjang perbatasan air itu merupakan lokasi berkumpulnya anak-anak ikan. Banyaknya anak ikan inilah membuat ikan-ikan predator gemar di lokasi itu untuk mencari ikan kecil.
5. Lekukan Danau atau Setu
Di danau atau setu ada lokasi di pinggiran setu yang terdapat lekukan. Di bagian lekukan yang di perairan dalam, biasanya merupakan tempat bersembunyinya ikan.
6. Mulut Danau atau Setu
Yang dimaksud mulut danau adalah lokasi masuknya air ke danau. Di lokasi ini biasanya ikan predator menyerang secara agresif ikan-ikan kecil. Di spot ini sangat bagus untuk mancing ikan predator dengan menggunakan umpan alami.
7. Daratan Menjorok
Jika ada lokasi daratan yang menjorok ke danau juga merupakan lokasi banyak dihuni ikan. Lokasi ini biasanya paling digemari pemancing lantaran kita bisa menempatkan umpan di lokasi yang aman.
SALAM STRIKE !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar